College · Daily

Internship #2 – Pusat Pengembangan Perfilman

Kenapa langsung #2 bukan 1? maafkan kemalasan saya karena selama 1 bulan magang pertama saya masih belum menyentuh blog ini, biasa … sok sibuk.

Jadi, bagian #1 akan di buat setelah magang ini selesai.

catatan ini dibuat tanggal 16 september 2018.

Pusat Pengembangan Perfilman, atau di singkat menjadi Pusbangfilm. Merupakan instansi yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud. berlokasi di Jakarta Pusat, Senayan. Gedung C Kemendikbud Lantai 18.

sebelum lanjut cerita, kerja Pusbang Film itu sendiri dikutip dari google adalah untuk memberikan bantuan fasilitasi tiga jenis kegiatan perfilman kepada komunitas film dan masyarakat. Ketiga jenis kegiatan perfilman tersebut yaitu: a. produksi film; b. apresiasi, eksibisi, dan peredaran film; dan c. peningkatan kualitas dan keterampilan sumber daya manusia perfilman.

atau bahasa saya sih, memberikan bantuan untuk komunitas film untuk semakin berkembang dan memajukan dunia perfilman di indonesia. Dengan berbagai cara, dimulai dari mengapresiasi sineas sineas kita hingga memberikan fasilitas untuk film-film indonesia yang diikutkan di ajang festival, baik dalam maupun luar negeri.

nah, untuk bisa menjadi salah satu film yang di berikan fasilitas untuk mengikuti festival harus melalui seleksi terlebih dahulu.

selain itu, pusbangfilm juga mendata perkembangan bioskop yang ada di Indonesia beserta judul film yang tayang dan jumlah penontonnya.

nah disini, kami (iya saya dan 3 orang teman lainnya , Ainun, kariena dan Desthalia) dibagi menjadi 3 bagian mengikuti divisi disini.

ada Publikasi, Apresiasi film serta perizinan dan pengendalian. Jadi kami berempat akhirnya dipecah menurut bagian divisi yang ada. Ainun dan Destha di publikasi, Kariena di Apresiasi dan saya di perizinan dan pengendalian atau gampangnya Zindal.

nah, seperti namanya nih pusat pengembangan perfilman maka program yang dimiliki pusbang juga berhubungan dengan pengembangan dunia perfilman di indonesia tentunya.

ada workshop untuk melatih kemampuan SDM kita di bidang perfilman dengan pengajar yang berkompeten di bidangnya. melakukan bincang film dengan para film maker, dan pemfasilitasan untuk pembuatan film.

nah, segini dulu pembahasan tentang pusbang film, dan bakalan ada cerita lanjutan tentang internship di pusbang film, karena sekarang dipusbang jadi saya pake jargon nya pusbang deh. Ayo Nonton Film Indonesia!

diselesaikan tanggal 21 september 2018.

 

 

3 thoughts on “Internship #2 – Pusat Pengembangan Perfilman

Leave a comment